Half adder
Sebuah adder setengah adalah sirkuit logis yang melakukan suatu operasi penjumlahan dua bit biner nomor-satu sering ditulis sebagai A dan B. Output setengah adder adalah jumlah dari dua input biasanya diwakili dengan sinyal C o u t dan S mana . Berikut adalah tabel logika dari sebuah adder setengah:
Masukan Keluaran
A B C S
0 0 0 0
0 1 0 1
1 0 0 1
1 1 1 0


Contoh setengah diagram sirkuit adder
Sebagai contoh, sebuah Half Adder bisa dibangun dengan gerbang XOR dan gerbang AND .


Full adder


Skema simbol untuk bit adder-1 dengann i C dan C u t o digambar di sisi blok untuk menekankan penggunaan dalam multi-bit adder.
Sebuah full adder sirkuit logis yang melakukan operasi penambahan pada tiga bit biner nomor-satu sering ditulis sebagai A, B, dan C n i. Penambah penuh menghasilkan jumlah bit output-dua biasanya diwakili dengan sinyal C o u t dan S mana . Tabel Kebenaran adder lengkap adalah:
Masukan Keluaran
A B C i O C S
0 0 0 0 0
1 0 0 0 1
0 1 0 0 1
1 1 0 1 0
0 0 1 0 1
1 0 1 1 0
0 1 1 1 0
1 1 1 1 1




Contoh adder penuh sirkuit diagram, sedangkan DAN dan ATAU gerbang dapat digantikan dengan gerbang NAND dengan hasil yang sama.
Input: (A, B, C di) → Keluaran: (S, keluarC)
Sebuah adder lengkap dapat diimplementasikan dalam berbagai cara seperti dengan sebuah custom transistor tingkat sirkuit atau terdiri dari gerbang yang lain. Salah satu contohnya adalah dengan penerapan dan .
Dalam pelaksanaannya, final gerbang OR sebelum-out output membawa dapat digantikan oleh gerbang XOR tanpa mengubah logika yang dihasilkan. Hanya menggunakan dua jenis gerbang letaknya mudah sirkuit jika diimplementasikan menggunakan chip IC sederhana yang hanya berisi satu jenis gerbang per keping. Dalam terang ini, C keluar dapat diimplementasikan sebagai .
Sebuah adder lengkap dapat dibangun dari dua penambah setengah dengan menghubungkan A dan B untuk masukan dari satu setengah adder, menghubungkan jumlah dari bahwa untuk masukan bagi adder kedua, menghubungkan C saya ke input lain dan OR dua membawa output. Setara, S bisa dijadikan-bit XOR tiga A, B, dan C i, dan o C dapat dilakukan tiga-bit fungsi mayoritas A, B, dan C i.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar